Tanpa Banyak Bicara, 5 Cara Ini Membuat Introvert Sangat Bahagia

Bicara tentang kepribadian manusia, tidak akan ada habisnya. Terlebih saat seseorang mulai tahu seperti apa diri mereka. Dari sisi psikologi saja, dijelaskan bahwa kepribadian manusia tidak cukup hanya tentang introvert maupun ekstrovert. Ada banyak faktor dan indikator yang bisa membantu menganalisa dan melengkapi data tentang kepribadian seseorang.

Namun banyak orang yang dengan mudahnya mengadili orang lain hanya karena mereka memiliki kepribadian yang berbeda darinya. Introvert misalnya, mereka seringkali dianggap aneh bahkan seolah punya dunia sendiri. Mereka tak banyak bicara bahkan terkesan pendiam dan suka menyendiri. Namun ini bukan berarti mereka aneh dan tak bisa melakukan apa-apa. Ada banyak yang menjadi keunikan dan bahkan menjadi kelebihan seorang introvert.

Sama seperti yang lainnya, seorang introvert juga perlu diperlakukan dengan baik. Tidak sulit jika kita mampu memahami keberadaan dan kondisi mereka. Seperti membuat mereka bahagia dengan cara yang sederhana.

1. Banyak mendengarkan membuatmu makin merasa berguna

Introvert memang orang yang jarang sekali berbicara. Mereka lebih suka saat harus mendengarkan orang bercerita. Mengamati dan menganalisa setiap keadaan yang ada di hadapannya. Seolah menjadi kegiatan yang menyenangkan, mereka akan lebih bersemangat menjadi pendengar dari pada harus lelah berbicara di depan banyak orang. Bahkan saat mereka banyak mendengar cerita orang lain, otomatis mereka akan menjadi orang yang sangat bijak dan dipercaya orang lain untuk memberikan saran.

Bahkan beberapa orang introvert memiliki empati yang lebih besar dan tidak jarang dipercaya untuk menjadi seorang konselor. Mereka banyak mendengarkan dan tak segan untuk memberikan saran saat dibutuhkan. Seorang introvert menjadi lebih tahu kapan ia harus bertanya dan kapan ia harus mendengarkan saja.

2. Berdiam diri di keramaian membuatmu makin mengenal situasi

Kemampuan mengamati lingkungan tentu dimiliki oleh seorang introvert. Mereka mungkin bisa datang ke pesta yang ramai dan mengikuti acara. Namun tidak akan sampai acara tersebut selesai. Mereka akan memilih untuk menyendiri, duduk di sudut ruangan yang bisa digunakan untuk mengamati seluruh isi ruangan. Sendirian? Kesepian? Bisa jadi iya tapi bisa jadi mereka juga menikmatinya.

Mereka menjadi lebih mengenal situasi dan kondisi saat itu. Mereka jauh lebih mudah mengenal orang yang hadir. Apa yang mereka lakukan, semua akan dengan mudah dimengerti. Meski terkadang sulit dimengerti, namun keunikan ini membuat introvert menjadi istimewa.

3. Liburan hanya di rumah dapat mengembalikan energimu

Setelah sibuk bekerja dan melalui hari-hari yang berat, sebagian besar orang akan memilih berlibur ke tempat ramai. Seperti tempat wisata, luar kota bahkan luar negeri untuk membuat mereka melupakan semua kepenatan. Tentu saja tujuannya agar energi mereka kembali dan siap untuk lanjut bekerja.

Namun tidak sama dengan mereka yang seorang introvert. Menyendiri bahkan hanya berdiam diri di rumah membuatmu lebih bersemangat untuk kembali bekerja. Kamu membutuhkan tempat yang sunyi untuk bisa mengembalikan apa yang telah hilang. Kamu menjadi lebih mudah untuk melakukan apa yang kamu sukai. Seperti istirahat, melakukan hobi sampai dengan mempersiapkan diri untuk bekerja.

4. Bicara hanya saat kamu tahu itu benar, menjadikanmu lebih percaya diri

Tak mudah bagimu untuk berbicara meski kamu tahu kamu pun bisa melakukan itu. Kamu akan banyak berpikir apakah yang kamu katakan nanti benar dan tidak merugiakan siapapun? Bahkan banyak pertimbangan bagimu sebelum akhirnya kamu mengungkapkan sebuah kebenaran. Tak mudah dan tak banyak bicara, kamu adalah sosok yang mengerti cara menyampaikan informasi di saat dan kepada orang yang tepat.

Daripada sekedar bicara ini itu tanpa bukti dan hanya ingin diakui, kamu lebih memilih untuk diam dan mencari waktu yang tepat untuk berbicara hal yang benar. Meski tak banyak menarik perhatian, tak jadi masalah. Sebab mereka percaya bahwa kebenaran harus diucapkan.

5. Mengenal diri dengan baik membuatmu lebih mudah memahami orang lain

Saat seorang introvert tak banyak bicara, bukan karena mereka tak ingin dan tak bisa. Mereka hanya tahu kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan apa yang mereka pikirkan dan mereka rasakan. Lebih dari sekedar berharap diperhatikan orang lain, mereka jauh lebih mudah memahami orang lain. Bukan pula mereka tak ingin diperlakukan sama. Hanya tak mudah baginya menemukan seseorang yang memperlakukan orang lain sama sepertinya.

Dari banyak mendengar, seorang introvert akan lebih banyak waktu untuk memahami orang lain. Tidak mudah memang, sebab mereka harus tuntas mengenal siapa diri mereka sendiri. Sebelum akhirnya mengenal dan memahami orang lain.

Itulah cara-cara yang membuat para introvert bahagia. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?

Leave a Reply