Baru Rilis, ‘Christopher Robin’ Langsung Dicekal Di Cina

Proyek live-action terbaru dari Disney, “Christopher Robin” baru saja menyapa penggemar pada 3 Agustus lalu. Live-action yang mengobati rasa rindu penggemar pada sosok beruang lucu, Winnie the Pooh, beserta rekan-rekannya seperti Tiger, Eeyore, Piglet, Kanga, serta Roo ini sukses mendapat atensi besar dari para penikmat film. Hal ini terbukti kala “Christopher Robin” berhasil mengawali pekan perdananya dengan meraup USD 25 juta (sekitar Rp 362 miliar).

Namun sayangnya, film live-action ini justru dilarang tayang oleh otoritas film Cina. Dilansir The Hollywood Reporter pada Senin (6/8), hingga kini alasan pencekalan tersebut masih belum jelas.

Diduga, “Christopher Robin” dilarang tayang lantaran adanya karakter si beruang Winnie the Pooh. Banyak yang menyebut bahwa karakter utama ini terbilang cukup tabu di Cina. Hal ini disebabkan ada seorang blogger yang menggambar dan membandingkan karakter menggemaskan tersebut dengan Presiden Xi Jinping pada tahun 2017 lalu.

Tak hanya mencekal penayangan “Christopher Robin”, otoritas Cina juga memblokir foto-foto Winnie the Pooh di media sosial. Sebenarnya, tindakan pencekalan atas segala hal yang berbau penghinaan pada Xi Jinping sudah dilakukan pula pada HBO, terutama pada acara “Last Week Tonight” yang dipandu oleh John Oliver. Kala itu, John diketahui mengejek sang Presiden yang terlalu sensitif saat dibandingkan dengan Pooh.

Selain itu, dugaan lain pencekalan live-action ini adalah kuota penayangan film asing di Cina. Seperti yang diketahui, negeri Tirai Bambu tersebut memang dikenal memiliki peraturan ketat terhadap film Hollywood.

Meski belum jelas mengenai alasan pencekalan ini, namun “Christopher Robin” sendiri menjadi salah satu film live-action favorit penggemar. Apalagi mengingat bahwa film ini merupakan pengembangan cerita “Winnie the Pooh” yang begitu dikenal luas.

Live-action adaptasi dari film animasi ini berfokus untuk menceritakan hubungan antara dua katakter utama, yaitu Christopher Robin dewasa (Ewan McGregor) dan Winnie the Pooh ((Jim Cummings). Selain itu, “Christopher Robin” juga akan mengeksplorasi filosofi kebaikan dan pertemanan Pooh yang dimanifestasi ke dunia nyata.

“Christopher Robin” sendiri merupakan pengembangan dari buku karya A.A. Milne. Dalam film ini, Robin kecil yang berpetualang dengan berbagai hewan dari hutan Hundred Acre telah tumbuh dewasa. Imajinasinya tentang Pooh dan kawan-kawannya pun memudar seiring dengan pertambahan usianya.

Leave a Reply