Bikin Galau, Jangan Biarkan 5 Hal Ini Menguasai Dirimu

Sebagai seorang manusia, kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai permasalahan hidup. Mulai dari masalah sepele hingga permasalahan yang complicated. Namun apapun masalahnya, yang terpenting adalah bagaimana cara kamu menyikapinya.

Namun gak sedikit juga yang malah tenggelam dalam permasalahan yang dihadapi, bahkan hingga mengalami frustasi. Masalah yang tak diselesaikan justru menjadi racun dalam kehidupanmu. Mereka akan menghancurkan kehidupanmu secara perlahan.

1. Masa lalu

Setiap orang pasti pernah mengalami masa lalu yang tidak menyenangkan dalam hidupnya. Entah trauma, masalah keluarga, personal maupun kegagalan dalam sebuah hubungan. Banyak orang yang terpuruk karena masih terjebak dengan masa lalu mereka.

Hal itu membuat mereka tak bahagia di saat ini. Jika kamu ingin bahagia, lepaskanlah luka masa lalumu. Jangan biarkan masa lalumu mengontrol kehidupanmu hari ini dan menghancurkan masa depanmu.

Memang tak akan mudah, namun mulailah selangkah demi selangkah untuk move on. Mulailah kembali menata kehidupanmu, dan lakukan hal yang kamu senangi.

2. Penilaian orang lain tentang dirimu

Bahagia adalah tentang menjadi dirimu sendiri. Menerima segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Muingkin kamu tidak sepopuler dan sekaya orang lain. Namun setidaknya kamu mampu mengekspresikan dirimu seutuhnya. Tidak menggantungkan kebahagiaanmu kepada penilaian orang lain.

Menggantungkan dirimu terhadap penilaian orang lain adalah sumber penderitaan. Kamu tak akan pernah mampu memuaskan penilaian orang lain. Kamu hanya akan lelah dan hampa pada ujungnya.

3. Kelemahan dirimu sendiri

Setiap orang pasti memiliki kelemahannya masing-masing. Hal itu bukanlah sebuah aib yang harus kamu sembunyikan. Justru kelemahan harus mampu kamu jadikan motivasi untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi.

Meratapi kelemahan hanyalah akan membuat hidupmu terasa sempit. Terimalah segala kelemahanmu, kenali dirimu sendiri. Jangan fokuskan dirimu dengan kelemahan yang kamu miliki, tetapi fokuskan dirimu kepada hal yang membuat dirimu lebih baik lagi.

4. Relationship

Berbicara tentang cinta memang tak ada ujungnya. Jatuh cinta merupakan salah satu perasaan yang paling membahagiakan bagi setiap orang. Sayangnya, tak selamanya kita berada dalam hubungan yang menyenangkan.

Terkadang kamu mengalami kepahitan dikhianati dan ditinggalkan dalam sebuah hubungan. Setelah itu kamu merasa jika hidupmu gak berarti lagi. Sering kali, kamu justru jatuh cinta kepada orang yang tidak tepat.

Jangan biarkan hal ini justru menjadi racun dalam hidupmu. Pahamilah satu hal, sebelum mencintai orang lain, cintailah dirimu sendiri. Sehingga, jika suatu saat dia pergi, kamu masih bisa kembali bahagia seperti sebelum mengenalnya. Dan yakinkanlah dirimu jika suatu hari nanti cinta yang tepat akan mendatangimu di waktu yang tepat.

5. Uang

Uang memang bisa membeli segalanya yang kita inginkan. Namun uang bukanlah sumber kebahagiaan. Jangan biarkan uang mengontrol segala kehidupanmu, sehingga kamu melupakan keluarga, kesehatan dan kebahagiaanmu sendiri.

Bukankah sudah banyak kasus bagaimana orang mengorbankan segalanya demi uang, yang justru membuat mereka menderita. Bukan berarti uang adalah hal yang buruk. Namun jangan biarkan keputusanmu dalam melakukan suatu hal tergantung seberapa banyak uang yang bisa kamu dapatkan.

Tapi kerjakanlah suatu hal sebaik yang kamu bisa dengan sepenuh hati, karena nanti uang pun akan mengikutimu.

Leave a Reply