Courtois ke Real Madrid, Keylor Navas Ngotot Tak Mau Hengkang

Madrid – Real Madrid telah resmi mendatangkan Thibaut Courtois dari Chelsea. Manajemen Los Blancos, julukan Real Madrid, memberinya kontrak dengan durasi enam tahun.

Kehadiran Courtois tentu membuat panas posisi penjaga gawang Real Madrid yang selama ini dikawal Keylor Navas. Musim lalu, Navas mencatatkan 27 penampilan di La Liga dengan catatan enam clean sheet.

Penjaga gawang berusia 31 tahun tersebut melakukan 66 penyelamatan di bawah mistar gawang. Dia juga menggagalkan satu dari tiga tendangan penalti lawan.

Dengan catatan tersebut, Navas ogah kemaskan koper. Dia percaya masih bisa bertarung untuk menjadi kiper utama Los Blancos.

“Saya mengatakan ini dengan penuh kekuatan, saya memiliki keinginan yang sama untuk berada di Real Madrid,” ucap Navas, dikutip dari Four Four Two.

Catatan Buruk Courtois

Keyakinan Navas bisa bertahan mengingat Courtois punya catatan buruk selama memperkuat Chelsea sejak 2014. Menurut Opta, Real Madrid wajib mewasmadi kelemahan yang dimiliki Courtois.

Dia adalah kiper yang paling sering menjadi penyebab timnya diganjar hukuman penalti di Liga Inggris, setidaknya sejak ia tampil di Liga Inggris bersama Chelsea pada 2014-2015.

Sepanjang kariernya di Liga Inggris bersama Chelsea, Thibaut Courtois pernah berurusan dengan sembilan tendangan penalti yang lima di antaranya disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukannya sendiri.

Selain itu, Courtois juga memiliki rekor buruk dalam menggagalkan penalti lawan. Dari sembilan penalti yang ia hadapi di ajang Liga Inggris, Thibaut Courtois hanya mampu menggagalkan satu di antaranya, yaitu pada musim 2015-2016, saat Chelsea menang 3-2 atas West Bromwich Albion.

Keunggulan Courtois

Namun, pada usianya yang ke-26, Courtois telah memiliki pengalaman luas di sepak bola Eropa. Dia telah merebut gelar Liga di Spanyol, Inggris dan Belgia dan memiliki postur tubuh dengan ketinggian hampir dua meter (1,99) dan ketangguhan di bawah mistar gawang.

Courtois memperkuat Chelsea pada musim 2014/15, dia berhasil mengangkat dua gelar Premier League (2014/15 dan 2016/17), FA Cup (2017/18) dan Piala Liga (2014/15). Ketika dijaga Courtois, Chelsea merupakan tim yang paling sedikit kemasukan gol pada musim 2016/17, penjaga gawang asal Belgia ini mendapat Penghargaan Sarung Tangan Emas di Premier setelah 16 partai tak terkalahkan.

Leave a Reply