Lagi Sendirian? Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Merasa Terlalu Kesepian

Beberapa orang suka menghabiskan waktu sendirian sementara yang lain lebih suka berada di sekitar orang lain. Meskipun menyenangkan untuk bersosialisasi dengan orang lain, kadang-kadang perlu menghabiskan waktu sendirian.

Jika kamu adalah seseorang yang berjuang untuk bertahan sendirian, kamu mungkin mencari beberapa cara untuk mengurangi rasa kesepian yang mencekik saat tengah sendirian. Yuk coba lima cara yang ada di bawah ini.

1. Jangan main sosial media

Mungkin terdengar berlawanan dengan apa yang selalu ingin kalian lakukan, tetapi hal itu rupanya dapat membantu menyingkirkan perasaan kesepian yang melanda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang secara pasif menggunakan banyak media sosial cenderung merasa lebih kesepian daripada mereka yang tidak.

Ini karena media sosial, seperti Facebook contohnya, cenderung menggambarkan orang-orang dalam kondisi terbaiknya. Entah itu saat mereka pergi berlibur atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Hal iIni dapat memberikan ilusi bahwa orang lain bersenang-senang tetapi kalian sendiri tidak.

2. Melakukan hal baru

Temukan sesuatu untuk dilakukan di waktu luang yang akan membantu kalian agar tetap waspada dan mengalihkan perhatian. Jika sendirian membuat kalian merasa bosan karena pikiran yang menghantui, inilah saatnya untuk melakukan eksplorasi dan menemukan hobi dan minat baru yang dapat dilakukan sendirian tanpa orang lain.

Karena begitu kalian menemukan minat baru yang benar-benar menyita waktu serta menyenangkan secara bersamaan, kalian mungkin berharap untuk ditinggalkan sendirian nantinya.

3. Menghabiskan waktu di luar ruangan

Ada alasan mengapa begitu banyak seniman dan penulis hebat menghabiskan waktu mereka dengan mengisolasi diri di suatu tempat di alam terbuka. Pergi keluar dan nikmati setiap aroma yang ada, sensasi dari hembusan angin, dan pemandangan di sekitar.

Membiarkan perasaan menjadi dibanjiri dengan apa yang ada di sekitar kita adalah cara yang fantastis untuk tetap berada di masa sekarang. Berada di sini dan mengurangi kesepian, karena kesepian menarik pikiran kita keluar dari saat ini, entah ke masa lalu atau ke masa depan yang dapat menciptakan kecemasan karena kita khawatir akan sendirian.

4. Bayangkan sedang kencan dengan diri sendiri

Cobalah bayangkan bahwa kamu sedang berpacaran dengan diri sendiri dan sangat tertarik serta ingin tahu tentang bagaimana cara mengembangkan pengalaman positif untuk diri sendiri ketika sedang sendirian. Bawalah diri sendiri ke restoran yang bagus, lakukan petualangan sederhana, ikuti hasrat dan keinginan kalian. Dengan memberi diri sendiri perhatian, waktu, dan perlakuan yang baik, kalian tidak akan merasa kesepian bahkan jika kalian sedang sendirian saat itu.

5. Bertemu dengan terapis

Jika kalian tidak bisa ditinggalkan sendirian bersama dengan pikiran kalian, pertimbangkan untuk bertemu dengan seorang terapis,. Kalian mungkin akan merasa skeptis mendengar hal ini tapi terapi tidak hanya untuk orang-orang yang berjuang menyembuhkan kesehatan mental mereka lho.

Terapi adalah ruang yang aman untuk mulai menguraikan kekacauan pikiran yang selama ini selalu kalian hindari. Menghindari masalah tidak bermanfaat dan tidak menyelesaikan masalah. Jadi daripada berjuang untuk mengatasi pikiran-pikiran dan perasaan yang sulit itu sendirian, lakukan terapi untuk merasa lebih baik.

Leave a Reply