5 Alasan Kenapa Membandingkan Diri dengan yang Lain Itu Baik

Sampulbola – Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa membuat kita merasa sedih, kalah, atau iri. Apalagi ketika kita tengah melihat hal-hal indah nan menyenangkan yang ada di sosial media. Tampak seolah-olah setiap orang memiliki kehidupan yang sempurna.

Nyatanya ada beberapa alasan kenapa membandingkan diri sendiri dengan orang lain benar-benar dapat berguna untuk pertumbuhan diri kita sendiri.

Tidak percaya? Berikut ada 5 alasan kenapa membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat membawa perubahan tersendiri untuk kita.

1. Memberikan inspirasi

Membandingkan dapat menjadi hal yang sehat ketika kita mencoba untuk menggeser energi dari rasa cemburu dan iri akan situasi orang lain untuk memberikan diri kita sendiri dorongan mental dan memperlakukannya sebagai bukti yang kita kumpulkan atas sesuatu yang mungkin bagi kita. Tekankan pada diri sendiri bahwa apa yang orang lain miliki juga dapat mungkin kita miliki.

2. Menjadikan diri lebih semangat

Menjadi orang yang kompetitif tidak selalu merupakan hal yang buruk. Bahkan, merasa sedikit bersemangat mungkin hanya apa yang kita butuhkan untuk akhirnya dapat membebaskan diri kita sendiri dari Kita dapat menggunakan kemajuan atau keberhasilan orang lain sebagai amunisi untuk mendorong diri kita sendiri mencapai apa yang kita inginkan juga.

3. Menunjukkan apa yang mungkin

Sementara selalu sehat untuk fokus pada diri sendiri, tujuan, dan kebutuhan kita. Membandingkan dapat membantu. Jika kita merasa terjebak dalam hidup dan melihat orang lain melakukan sesuatu yang kita harap dapat kita lakukan, membuat perbandingan dengan mengagumi hal tersebut dapat menjadi cara yang baik untuk memotivasi diri kita untuk bertindak yang sama juga dengan mereka.

Baca Juga:  Biar Hidupmu Makin Sesuai Harapan, Cek 5 Hal Tentang Mind Power Ini
4. Memberikan pelajaran

Membandingkan diri sendiri dengan mereka yang lebih dari kita dapat menyakitkan dan membuat kita merasa buruk. Tetapi kita juga dapat belajar karenanya. Kalah dalam suatu kompetisi merupakan contoh yang baik dari peluang pembelajaran yang solid, memberi kita kesempatan untuk mencatat apa yang dapat orang lain lakukan dengan baik.

5. Menjadi lebih bersyukur

Beberapa orang mungkin tampak memiliki hidup lebih baik daripada kita, tetapi membandingkan diri kita dengan orang lain juga dapat berfungsi sebagai pengingat yang sangat kuat bahwa kita sebenarnya memiliki banyak hal luar biasa juga. Baik sedang memerhatikan perjuangan kesehatan orang lain, karier yang sedang buruk, atau perpisahan dengan sang terkasih, kita pasti akan merasa bersyukur atas apa yang terjadi dengan benar dalam hidup kita selama ini.

Di balik kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain, ternyata ada sisi positifnya. Asal, tidak terus-menerus kamu lakukan sebab bisa merusak kepercayaan dirimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *