5 Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda Secara Alami Lho!

Sampulbola – Penuaan dini masih menjadi salah satu topik favorit perempuan hingga saat ini. Berbagai macam hal pun dilakukan untuk mencegahnya terjadi. Mulai dari rutin ke klinik kecantikan atau merawat diri dengan skincare rumahan.

Hal ini mereka lakukan tanpa mengurangi rasa syukur pada karunia Tuhan. Namun, memiliki wajah awet muda dan terawat bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi para perempuan. Bahkan, dewasa ini banyak pria yang juga mulai melakukan perawatan. Meskipun tujuannya mungkin berbeda.

Nah, berbicara soal awet muda. Ternyata selain melakukan perawatan, ada cara lain dari sisi psikologis yang bisa kamu terapkan. Apa aja sih?

1. Sederhana, tapi berbagi kebaikan dengan orang lain baik bagi kesehatan jiwa dan raga

Sebuah jurnal berjudul “Brain-Skin Connection: Stress, Inflammation and Skin Aging” yang ditulis oleh Ying Chen dan John Lyga mengungkap sebuah fakta. Ternyata mempunyai banyak pikiran lalu menghadapi stres bisa membuat seseorang lebih cepat terlihat tua daripada umurnya.

Nah, agar kondisi hatimu tetap terjaga serta terhindar dari penuaan dini, coba berbagi kebaikan dengan orang lain. Gak harus materi, bisa juga dengan ilmu. Dengan senantiasa berbagi kebaikan, kamu akan memperoleh kepuasan batin dan kebahagiaan. Ini baik bagi kesehatan jiwa dan raga.

2. Berani mengungkapkan pendapat pada hal-hal yang kurang disukai

Gak cuma stres, faktor lain yang membuat wajahmu nampak lebih tua adalah memendam berbagai jenis perasaan. Ada beberapa hal yang tidak berani kamu ungkapkan. Bisa jadi karena rasa sungkan, pengaruh senioritas atau berbagai hal lainnya.

Mulai sekarang, kamu harus berani mengatakan tidak pada hal-hal yang kurang disukai. Agar lawan bicara tidak tersinggung, kamu bisa mengolah kata saat penyampaian pendapat. Hal seperti ini perlu sebagai bahan evaluasi dalam menjaga sebuah hubungan. Apapun jenis hubungan tersebut.

Baca Juga:  Sendirian? Lakukan 5 Hal Menyenangkan dan Menyehatkan Ini
3. Sempatkan waktu untuk melakukan me time

Gak sedikit orang yang menyepelekan waktu khusus untuk diri sendiri atau biasa disebut me time. Padatnya kesibukan sehari-hari menjadi dalih hal ini tidak bisa terpenuhi. Sering terabaikan, tidak terpenuhinya waktu me time ternyata berdampak pada kesehatan tubuh maupun mental.

Badan lelah tetap dipaksa bekerja. Pikiran penat tetap diperas untuk memikirkan banyak hal. Sekarang, kamu tidak boleh lagi demikian. Sempatkan waktu untuk me time walaupun sejenak. Kalau gak memungkinkan buat liburan, kamu bisa mengantisipasi dengan jalan-jalan sendirian. Bisa ke mall, taman kota atau menginap di hotel satu hari satu malam.

4. Ciptakan ruang kerja yang sehat serta nyaman bagi semua orang

Lingkup pergaulan ternyata juga dapat mempengaruhi pemikiran dan memicu penuaan dini jika tidak diperhatikan dengan benar. Salah satunya adalah ruang kerja. Dewasa ini banyak orang memilih resign karena menganggap lingkup kerjanya tidak sehat. Padahal mereka baru bekerja dalam hitungan bulan.

Nah, ini saatnya kamu menularkan energi positif dengan menciptakan ruang kerja yang sehat dan nyaman bagi semua orang. Caranya sederhana, yaitu dengan memunculkan etos kerja yang baik mulai dari diri sendiri serta lebih peduli pada teman kerja lainnya.

5. Perbanyak bergaul dengan anak muda agar tertular aura mereka

Anak muda cenderung memiliki rasa antusias serta semangat yang tinggi. Mereka lebih mudah untuk diajak bergerak melakukan sesuatu. Ini merupakan suatu investasi besar yang harus dimanfaatkan dengan baik. Nah, kamu bisa coba perbanyak bergaul dengan mereka untuk melakukan berbagai macam kegiatan positif.

Sering bergaul dengan mereka yang memiliki banyak sifat positif, seperti periang, optimis dan murah hati ternyata bisa bikin kamu tertular aura mereka loh. Ini salah satu tips awet muda yang jarang diketahui banyak orang. Bisa banget dicoba.

Baca Juga:  5 Langkah Agar Kekhawatiran Tak Menakuti Masa Depanmu

Usia akan terus bertambah. Bedanya adalah bagaimana kita memanfaatkan usia yang tersisa. Lima hal sederhana tadi bukan hanya bikin kamu awet muda. Bisa juga diterapkan agar sisa usia yang diberikan Tuhan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Siap mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *