Dililit Krisis, Real Madrid Malah Dapat Kontrak Super dari Sponsor

Sampulbola – Madrid – Real Madrid boleh saja dibelit krisis dalam prestasi. Namun dalam hal komersial, Madrid ternyata masih menangguk pendapatan yang super dari sponsor.

Seperti dilansir Marca, Real Madrid bakal segera meneken kontrak baru dengan adidas yang dikabarkan bernilai 1.100 juta euro atau 1,1 miliar euro (Rp 18,7 triliun). Kontrak super ini berdurasi untuk 10 tahun ke depan.

Ini menjadi perjanjian kontrak termahal antara sebuah klub dengan sponsor di sepanjang sejarah sport marketing di Eropa. Ini tentu membuat jersey Real Madrid jadi yang termahal di dunia.

Dengan adanya garansi pendapatan 110 juta euro per tahun, Madrid malah bisa meraih lebih banyak uang menjadi 150 juta euro. Jumlah ini dua kali lipat dari kontrak sekarang senilai 52 juta euro.

Jumlah kontrak ini juga lebih besar dari yang diberikan Nike kepada 21 tim di NBA. Nike memberi 21 tim kontrak sebesar 1.000 juta dollar dalam waktu 8 tahun. Ini artinya 21 tim mendapatkan pendapatan 110 juta euro per musim atau kurang lebih nyaris sama dengan yang didapatkan Real Madrid.

Sponsor Lain

Selain adidas, Madrid juga teken kontrak besar dengan Fly Emirates. Mereka mendapatkan total pendapatan 70 juta euro per tahun.

Jumlah ini lebih besar dari yang dibayarkan Rakuten kepada Barcelona yaitu 55 juta euro. Atau Chevrolet kepada MU yang memberikan jumlah kontrak yang sama.

Hubungan mesra antara Real Madrid dengan adidas sudah berlangsung sejak 1998. Meski sebenarnya hubungan mereka sudah dimulai 1981.

Namun Madrid pernah berganti Sponsor dengan Hummel dari 1986 ke1994 dan Kelme dari 1994 ke 1998. Berdasarkan pembicaraan antara adidas dan Madrid, nilai jual Madrid bukan hanya karena prestasi per tahun.

Baca Juga:  Presiden Atletico Madrid Tidak Mau Kehilangan Filipe Luis

Namun citra Real Madrid sebagai raja Liga Champions yang membuat nilai jual klub terangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *