Hamilton sebut “manuver ganda” Vettel hampir berujung kecelakaan

Karena Mercedes telat memanggil Hamilton untuk pit, pembalap Inggris Raya itu melorot ke belakang Vettel saat kembali bergabung ke trek. Namun ia tetap gigih dan terus mengejar rival terberatnya menuju Tikungan 2.

Ingin mempertahankan posisinya, Vettel terlihat bergerak ke arah kanan. Pembalap Ferrari itu kemudian bergerak ke kanan lagi ketika Hamilton mendekat. Manuver tersebut memicu investigasi tapi steward akhirnya memutuskan tidak mengambil tindakan.

“Lumayan frustrasi ketika saya keluar di belakang mereka [Vettel dan Valtteri Bottas],” ujar Hamilton.

“Saya mendapat cengkeraman bagus dari ban yang saya pakai, jadi saya merasa harus memanfaatkan peluang tersebut untuk bertarung melawan dia.

“Saya mengambil slipstream di belakang dia dan kemudian melepas ke luar. Dari sudut pandang saya, Sebastian sudah bergerak dan kemudian bergerak lagi. Waktu itu, jika saya tidak mengerem, maka saya bisa berakhir di dinding. Kami berdua bisa kecelakaan.

“Jadi dari kokpit, saya melihat itu sebagai manuver ganda. Padalah kita sering bicara itu seharusnya tidak dilakukan. Untungnya saya bisa lolos dari insiden.”

Vettel membela diri dengan berkata bahwa manuver yang ia lakukan adalah untuk menutup sisi dalam bukan mengimpit mobil Hamilton.

“Saya sedikit goyah dan mengunci ban saat menuju Tikungan 13, dan akibatnya Lewis bisa menempel,” kata Vettel. “Dia dapat DRS di trek lurus dan saya tahu dia bakal datang.

“Sulit untuk melihatnya dengan kaca spion, tapi menurut saya, saya sudah bergerak sebelum pengereman. Saya ingin memastikan sisi dalam sudah tertutup. Saya tidak bermaksud membuat lawan kesal dengan manuver itu.”

Keputusan steward

Direktur balap FIA, Charlie Whiting, mengungkap alasan mengapa steward memutuskan tidak menghukum manuver yang dilakukan Vettel.

Baca Juga:  Hamilton Siap Perjuangkan Gelar Juara Dunia di F1 GP Meksiko 2018

“Dalam keputusan mereka, manuver Vettel dihitung satu kali, meski ada sedikit keraguan di tengah-tengah,” ungkap Whiting.

“Karena biasanya kita melihat pembalap bergerak ke satu arah dan kemudian berubah ke arah lainnya. Jadi mungkin Lewis sedikit dibuat bingung dengan manuver itu. ”

Aksi start

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *