Ini Penampakan Baju Geisha yang Fenomenal Gara-Gara Halloween

Sampulbola – Belum lama ini, sebuah brand fashion asal Amerika Serikat dikecam habis-habisan gara-gara menjadikan baju Geisha sebagai kostum Haloween. Brand yang bernama Fashion Nova ini banjir komentar negatif di dunia maya. Kebanyakan netizen menganggap jika koleksinya kali ini merendahkan Jepang.

Tampil unik saat Haloween memang hal yang wajar, tapi menjadikan baju tradisional negara lain sebagai kostum saat merayakannya merupakan salah satu bentuk penghinaan di Amerika.

Tindakan Fashion Nova ini dianggap telah melecehkan budaya Jepang, terlebih latar belakang sejarah orang Jepang di Amerika yang tidak terlalu bagus.

Komunitas Students Teaching About Racism in Society (STARS) pun ikut berkomentar tentang kostum Geisha yang dirilis Fashion Nova. Mereka mengatakan jika brand tersebut sangat rasis dan memperlihatkan stereotipe orang Asia sebagai objek seksual, padahal sejarah Geisha itu sendiri jauh dari kesan itu.

”Geisha tidak pernah menjadi prostitusi, mereka menampilkan hiburan lain seperti menyanyi, menari, membaca puisi atau melayani percakapan ringan. Tapi karena ketidakpedulian dan kurangnya keinginan untuk belajar, Geisha telah diterjemahkan sebagai ‘prostitusi’ oleh orang Amerika dan negara-negara barat lainnya,” ujar juru bicara STARS seperti yang dikutip dari Independent.

lalu seperti apa penampakan baju Geisha yang fenomenal itu?

Sesuai dengan foto yang dipajang di website Fashion Nova, Baju Geisha itu tampak lengkap sepaket dengan kimono, Obi, rok dan tusuk konde. Warna hitam tampak mendominasi, namun perpaduannya dengan warna emas, pink dan list biru pada bagian kerah dan lengan kimono membuatnya tampak chic dan elegan.

Baju yang dibanderol USD 49,99 atau setara Rp 700 ribuan ini memang terlihat sangat manis dan cantik. Kimononya menjuntai panjang, melebihi inner hitam yang hanya menutupi sebatas paha. Pita pink di bagian belakang kimono juga menarik perhatian karena berukuran sangat besar.

Baca Juga:  7 Gaya Fashion Kompak ala Kendall & Kylie Jenner. Super Charming!

Sebagai aksesori, Fashion Nova menambahkan ‘bonus’ tusuk konde pada koleksinya. Dengan hiasan kupu-kupu yang cantik, aksesori ini tampak memiliki warna yang senada dengan kombinasi kimono, yaitu biru muda. Gimana Girls, kamu tertarik membeli kostum Halloween fenomenal ini? Siap-siap ongkos kirim lintas benua ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *