Jangan Direndahkan, Ini 5 Keuntungan yang Kamu Dapat dari ‘Me Time’

Tidak semua orang memahami mengapa orang memilih untuk melakukan beberapa hal sendirian seperti menonton, belanja, atau sekedar nongkrong. Beberapa stereotype yang muncul ketika orang melakukan me-time adalah disebut sebut orang kesepian dan penyendiri. Namun, sebenarnya me-time merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang.

Ternyata me-time memiliki kegunaan yang baik untuk diri sendiri selain makan, tidur dengan cukup, dan sebagainya. Perlunya memberikan waktu untuk diri sendiri adalah agar kita mampu belajar mencintai diri sendiri tanpa harus ada bantuan orang lain.

Me-time secara sederhana adalah untuk recharge dan reset seseorang dari rutinitas biasa. Yuk simak beberapa kegunaan dari me-time!

1. Membuat kita lebih produktif

Bila kamu merasa pekerjaan kamu tidak kunjung selesai, maka cobalah gunakan me time untuk mengerjakan hal tersebut. Selain tidak adanya orang lain yang mengajak kita berbincang juga membuat kita lebih tenang.

Jangan lupa untuk mencari tempat yang lebih tenang atau gunakan headset agar merasa makin tenang.

2. Memberikan waktu untuk menemukan jati diri

Akibat terlalu sering bersama dengan orang lain, kamu akan merasa tidak menjadi dirimu sendiri. Bahkan tidak mengerti siapakah sebenarnya diri kamu sendiri karena merasa memiliki sifat berbeda setiap waktunya. Me-time membantu kita untuk menemukan jati diri yang sulit kamu temukan bila sedang bersama orang banyak.

3. Meningkatkan konsentrasi

Tidak adanya distraksi dari orang lain yang biasanya menemani kita ternyata meningkatkan konsentrasi sehingga lebih produktif. Pekerjaan apapun yang seharusnya dilakukan sendirian ternyata dapat cepat selesai tanpa adanya orang lain. Sehingga, me-time membantu pikiran kita lebih fokus dan berpikir secara tenang.

Baca Juga:  5 Tipe Orang yang Kamu Butuhkan Dalam Hidup
4. Membantu semakin meningkatkan self-love

Ketika sedang sendirian kamu akan selalu mendahulukan diri sendiri daripada apapun lainnya. Terkadang hal ini diperlukan agar kamu semakin mencintai diri sendiri dan menyadari betapa pentingnya diri kamu. Tidak perlu orang lain untuk membuktikan kamu cinta dirimu sendiri melainkan hanya perlu kamu dan waktu sendirian.

5. Membantu kesehatan mental

Beberapa hal yang dihasilkan dari me time adalah dapat tidur lebih awal, tidak mudah merasa depresi, tertekan, dan sebagainya. Sehingga, kamu harus sering sering melakukan me time untuk meringankan stress. Bukan bersama banyak oranglah yang membantu kamu menemukan diri sendiri namun dirimu sendirilah yang mampu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *