Jangan Hidup di Masa Lalu, Ini 6 Keuntungan Melakukan Self Talk

Pernah berada di titik terendah? Merasa sangat down dengan kondisi yang dialami. Tentunya hal terpenting yang dibutuhkan adalah support. Bertukar pikiran, berbagi cerita dengan orang lain tentu sudah sangat sering dilakukan. Namun pernahkah kita memberi kesempatan untuk berbincang dengan diri sendiri?

Self talk adalah salah satu hal yang seringkali kita lakukan namun tidak disadari. Manusia bisa melakukan self talk lebih dari 50.000 kata per hari. Sadar tidak bahwa sebenarnya setiap hari kita melakukan self talk? Secara tidak langsung, self talk merupakan cerminan alam bawah sadar kita dan memiliki pengaruh besar terhadap hidup kita. Self talk merupakan salah satu cara kita untuk menghadapi berbagai macam situasi.

Kalimat di atas adalah salah satu bentuk self talk. Begitulah cara mengutarakan perasaan kepada diri sendiri. Tentunya kita harus mengurangi negative self talk, dan lebih sering melakukan positive self talk. Apa saja sih keuntungannya kalau kamu sering melakukan self talk.

1. Dengan self talk, kamu akan belajar berdamai dengan diri sendiri dan keadaan

Sering gak sih kita susah untuk beradaptasi dengan keadaan? Mungkin kamu adalah sosok yang tidak mudah berada di depan banyak orang. Self talk akan membantumu untuk bisa berdamai dengan segala kondisi. Jika kamu merasa nervous, takut, coba lakukan positive self talk ini.

Self talk adalah pikiran yang kita ucapkan kepada diri sendiri sebelum kita mengucapkannya pada orang lain. Tanamkan sugesti positif dalam dirimu sendiri ya!

2. Self talk bisa membuatmu makin percaya diri

Jika kamu berada dalam permasalahan berat, penuh dengan tekanan akan sangat memungkinkan untuk terjadi depresi karena kamu merasa tidak berdaya. Untuk menghadapi itu semua, sadarkan dirimu dengan kalimat kalimat positif. Meskipun terdengar biasa saja, percayalah bahwa kalimat-kalimat positif itulah yang bisa membangkitkan dirimu.

Baca Juga:  8 Pesan Moral yang Bisa Kamu Ambil dari KDrama Woman Of Dignity

Dengan self talk, kamu bisa mengurangi stres lho! Ibaratnya kamu sedang berada di ruang ujian, maka self talk akan membantu kamu untuk mengurangi rasa cemas dan menumbuhkan kepercayaan diri.

3. Kamu akan tumbuh menjadi sosok yang selalu berpikir positif

Sebenarnya self talk punya dua sisi. Positive self talk, berbincang dengan diri sendiri dengan kalimat kalimat positif yang bisa menguatkan. Lain halnya dengan negative self talk, kesalahan yang sering tidak disadari oleh kita adalah melakukan negative self talk.

Nah, contoh di atas adalah negative self talk. Tentunya perkataan-perkataan itu bukan membangun, justru akan semakin menyudutkan diri sendiri hingga kita merasa down.

Cobalah untuk mengganti negative self talk dengan positive self talk, gunakan kata-kata yang lebih positif. Dengan begitu, kamu akan menanamkan hal-hal positif. Sehingga ketika kamu berada pada titik terendah, penuh dengan masalah, dan tekanan hidup, tentunya kamu akan lebih berfokus pada hal-hal yang positif.

4. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk meredam emosi

Jangan menyalahkan dirimu sendiri atas apa yang sudah terjadi. Jangan menyesali hal yang sudah berlalu. Pasti kamu pernah dong berada di masa stres, sedih, bahkan marah. Tetapi kamu tidak punya rekan untuk berbagi cerita dan keluh kesah.

Cobalah untuk meredam emosi dengan berdialog dengan dirimu sendiri. Self talk akan membantumu untuk bisa mengendalikan emosi dengan baik.

5. Self talk adalah bentuk refleksi terhadap diri sendiri

Ada pepatah yang berkata bahwa pengalaman adalah pelajaran yang berharga. Untuk itu apa yang sudah terjadi tidak perlu disesali, melainkan dijadikan pelajaran untuk bisa merubah diri menjadi lebih baik lagi.

Salah satu caranya adalah berkomunikasi dengan diri sendiri. Menjadikan pengalaman itu sebagai bahan refleksi diri. Sayangi dirimu dengan mengutarakan setiap perasaan pada diri sendiri. Dengan berbincang pada diri sendiri, kamu akan belajar introspeksi diri apa kelebihan dan kekuranganmu, sudahkah perilakumu itu benar, dan dimana letak kesalahannya.

Baca Juga:  6 Zodiak Ini Konon Belum Siap Menikah, Kamu Bukan Nih?
6. Out of the box is an opportunity!

Tantangan terbesar untuk bisa menjadi lebih baik adalah keluar dari zona nyamanmu. Jika kamu takut, hadapi rasa takutmu. Katakanlah pada dirimu bahwa tidak ada lagi rasa takut, kamu bisa melewatinya. Kesalahan lain yang tak disadari ialah seringkali kamu memiliki persepsi yang salah akan suatu hal sebelum kita melakukannya yaitu membayangkan hal yang buruh terlebih dahulu.

Come on, kamu lebih tahu dirimu sendiri daripada orang lain. Yuk belajar menghargai diri sendiri, menyayangi diri sendiri, dan tumbuhkan positive vibes dengan self talk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *