Jarang Diketahui, Ternyata ini Asal Mula Hot Dog

Tahun 1860-an, hot dog mulai dikenal di Amerika Serikat. Para penjual hot dog kala itu menyebutnya sebagai ‘dachschund sausages’. Makanan ringan ini begitu populer di New York dan dijajakan pada pertandingan basket dan bisbol.

Dachschund sausages, si cikal bakal hot dog ini dipopulerkan oleh Charles Feltman, seorang pria berkebangsaan Jerman yang menetap di Pulau Cloney, Amerika Serikat.

Feltman memberi nama makanan cepat saji hasil kreasinya sebagai dachschund sausages.

Sosisnya yang ditekuk sedikit dan lebih tipis ketimbang sosis berukuran besar pada umumnya kala itu, terilhami dari perawakan dachschund (anjing tekel) miliknya.

Bertahun-tahun kemudian, makanan cepat saji ini menjalar bak Roti Bakar Bandung di Indonesia, dijajakan nyaris di setiap emperan Amerika.

Saat menjajakan cikal bakal hot dog tersebut, para penjualnya kerap berseru ”Get your hot dachshund sausages!”

Makanan ini kian laris manis dan jadi favorit masyarakat AS.

Kepopuleran dachshund sausages kian absolut ketika tahun 1906, seorang kartunis, Tad Dordan menyaksikan pertandingan basket dan menyaksikan penjaja dachshund sausage tersebut.

Sehari setelahnya, Tad Dordan tergerak menggambar fenomena penjual dachshund sausage melalui sebuah kartun.

Dordan menggambarkan seekor dachshund (anjing tekel) di bawah gerobak penjual sosis apit roti tersebut dengan tulisan ”Get your hot dog here!”

Kartun itu dimuat di koran-koran setempat dan dikenal banyak orang.

Bak wahyu dari Sang Khalik, tagline ”Get your hot dog here!” kemudian diamini dan digunakan semua penjual dachshund sausage kala itu.

Sejak saat itu orang-orang mengenal hot dog seperti yang kita kenal hari ini.

Baca Juga:  Ini Dampak Negatif Kalau Kita Terlalu Sering Makan Mie Instan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *