Komputer Apple-1 Dilelang Seharga Rp 5,5 Miliar

Apple-1 atau Apple-I adalah komputer model pertama yang diproduksi Apple pada tahun 1976. Kini Apple-1 ini menjadi barang buruan kolektor. Tidak heran Apple-1 dilelang dengan harga fantastis.

Komputer Apple-1 ini termasuk di antara 175 komputer yang dijual oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak dan dijual seharga Rp 5,5 miliar dalam acara pelelangan di Boston.

Model awalnya dijual seharga Rp 9,9 juta ketika dijual toko komputer Byte Shop di Mountain View, California, pada tahun 1970-an.

“Apple-1 sangat kurang kuat dibandingkan dengan Apple-II. Tapi komputer Apple-1 ini menunjukkan kepada dunia cikal bakal komputer saat ini,” ucap Wozniak, seperti yang dilansir dari New York Post.

Pembeli komputer Apple-1 ini adalah pengusaha anonim yang menempatkan tawarannya secara daring. Dan menurut registrasi online yang tidak berafiliasi dengan Apple, hanya ada 79 komputer Apple-1 yang masih ada.

Dulu, Wozniak dan Jobs menjual sekitar 200 komputer Apple-1 dalam waktu kurang dari setahun.

Bobby Livingston selaku Executive VP pada acara pelelangan tersebut mengatakan bahwa pihaknya senang dengan harga yang diperoleh Apple-1.

Baca Juga:  Resmi Dirilis, Ini Fitur Unggulan iOS 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *