Liga Inggris Sulit, Arsenal Wajib Fokus ke Liga Europa

Arsenal tergusur ke Liga Europa musim 2018/2019 karena hanya menempati posisi enam Liga Inggris musim lalu. Ditangani Unai Emery, klub London Utara itu akan berjuang memenangkan kompetisi agar kembali ke Liga Champions.

The Gunners baru saja meraih hasil positif di laga pertama Liga Europa musim ini. Menjamu Vorskla Poltava di Emirates Stadium, Jumat (21/9/2018) dini hari WIB, Arsenal menang dengan skor telak 4-2.

Emery pernah mengatakan bahwa Liga Europa adalah kompetisi terpenting setelah Liga Champions. Pernyataan ini dinilai mengindikasikan prioritas Emery musim ini, yakni mencoba menjuarai Liga Europa.

Analis sepak bola Sky Sports, Matthew Upson menilai Emery telah membuat keputusan tepat. Sebab Arsenal mungkin akan kesulitan di Liga Inggris musim ini.

Menurut Upson, persaingan Liga Inggris musim ini begitu ketat. Manchester City dan Liverpool jelas dua tim terkuat, namun Chelsea dan Manchester United juga tak bisa diabaikan. Belum lagi Tottenham Hotspur.

Rute Kembali

Oleh sebab itu, dia percaya Arsenal sebaiknya fokus ke Liga Europa untuk kembali ke Liga Champions. Upson tak meremehkan kekuatan Arsenal, hanya saja saat ini mantan timnya sedang dalam masa transisi dari Arsene Wenger ke Emery.

“Ini (Liga Europa) adalah rute fantastis bagi mereka untuk kembali ke Liga Champions, berbicara soal potensi. Di Liga domestik, musim ini akan berjalan sulit untuk Arsenal. Ada banyak perubahan, transisi besar di klub ini,” kata Upson di skysports.

“Jadi dalam semusim liga, sulit bagi mereka untuk bersaing di empat besar, tetapi mereka memiliki pelatih dengan sejarah hebat di Liga Europa dan tahu bagaimana caranya jadi juara.”

Baca Juga:  Laga Debut Iniesta dan Torres di Liga Jepang Berujung Kekalahan
Maksimal

Menurut Upson, Arsenal saat ini juga memiliki skuat yang cukup mumpuni untuk tampil sebaik mungkin di Liga Europa. Meski melakukan beberapa rotasi pemain, Arsenal tetap akan tampil maksimal di Liga Europa.

“Dia (Emery) membuat beberapa perubahan malam ini (vs Vorskla Poltava) namun dia memang bisa melakukan itu. Saya pikir mereka akan mengejar gelar juara dengan segala kemampuan mereka.”

“Saat ini adalah soal apa yang tepat untuk Arsenal. Saya pikir mereka tak sanggup menembus empat besar, namun sepak bola sistem piala tetaplah sepak bola piala, bahkan dengan banyak pertandingan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *