Selain Pepaya, 6 Buah Ini Bantu Atasi Sembelit

Bagi setiap orang, buang air besar merupakan hal yang harus dilakukan, setidaknya satu kali sehari. Buang air besar yang baik adalah setiap pagi hari, tetapi tidak semua orang dapat melakukannya secara rutin. Buang air besar yang ideal bagi tubuh adalah setidaknya tiga atau lima kali dalam seminggu.

Jika Anda sering tidak buang air besar dalam seminggu, hal itu dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kembung, kram dan sakit punggung. Ada beberapa faktor kenapa seseorang tidak secara rutin buang air besar. Salah satunya adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Dikutip dari Stylecraze, Selasa (25/9/2018), mengonsumsi buah-buahan berikut ini dapat memperlancar saluran pencernaan.

1. Apel

Buah apel mengandung serat larut yang disebut pectin, pectin memiliki efek laktasif. Maka dari itu apel dapat mengobati masalah sembelit, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau sebagai jus. Beberapa sumber mengklaim bahwa ternyata cuka sari apel dapat menjadi obat untuk masalah sembelit.

2. Pisang

Buah kuning yang sering dijadikan smoothie ini mengandung banyak serat. Pisang hijau juga mengandung pati resisten yang membantu untuk memperlancar saluran usus. Sering mengonsumsi makanan ini dapat membantu masalah sembelit dan memperlancar buang air besar.

3. Anggur

Anggur bisa menjadi obat untuk memperlancar saluran pencernaan dan sembelit, karena kandungannya yang memiliki serat yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur agar dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

4. Jeruk bali

Manfaat mengonsumsi jeruk tak kalah dengan buah lainnya. Jeruk bagi mengandung serat tinggi serta vitamin C. Buah ini dapat membantu berbagai kondisi kesehatan, salah satunya adalah sembelit.

Baca Juga:  Ini Tanda-Tanda Anda Bukan Morning Person
5. Mangga

Buah yang menjadi favorit semua orang ini mengandung vitamin c dan kandungan serat tinggi. Kandungan ini dapat mejadi solusi Anda untuk memperlancar buang air besar.

6. Jeruk

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah satu ini mengandung banyak vitamin C yang membantu masalah pada saluran pencernaan. Mengonsumsi jeruk secara langsung atau dibuat jus bisa membantu memperlancar buang air besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *