Sering Mengunyah Es Batu Bisa Jadi tanda Gangguan Mental!

Sebagian besar masyarakat pasti pernah melakukan kebiasaan dengan mengunyah es batu. Di tengah cuaca Indonesia yang panas terik, hal yang paling menyenangkan adalah mengunyah es batu. Sensasi dinginnya es batu bisa membuat tubuh Anda menjadi segar mengembalikan stamina yang sudah hilang.

Namun, apakah kebiasaan ini baik, atau malah dapat berdampat buruk bagi kesehatan Anda? Melansir dari Times of India, Jumat (21/9/2018), Menurut ilmu kedokteran kebiasaan mengunyah es merupakan sebuah gangguan. Dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa bahaya menerapkan kebiasaan mengunyah es batu.

1.Masalah kesehatan

Mengunyah es secara kompulsif tidak hanya berbahaya bagi gigi, namun akan mempengaruhi seluruh mekanisme. Pasalnya tubuh Anda terkena sesuatu yang abnormal dan berada di luar suhu normal.

2.Pica

Pica lebih mengarah pada gangguan makan di mana orang-orang akan mengonsumsi sesuatu yang tak lazim untuk dimakan. Pagophagia adalah jenis pica di mana seseorang akan makan es, salju, maupun air es. Menurut ilmu kedokteran hal ini bisa menjadi gangguan fisik atau gangguan mental, tergantung pada kondisi seseorang.

3.Anemia

Mengonsumsi es dapat menyebabkan anemia yang dikategorikan sebagai jenis anemia yang disebut Iron Deficiency Anemia. Menurut dokter, mengunyah es dapat memicu efek yang membuat darah menuju otak.

4.Masalah gigi

Paparan es terhadap gigi dapat mengakibatkan erosi pada enamel yang merupakan bagian terkuat dari gigi. Kehilangan enamel akan menyebabkan kepekaan ekstrim terhadap makanan panas dan dingin serta risiko gigi berlubang.

So, jika Anda memiliki kebiasaan dalam mengunyah es, maka sebaliknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebab masalahnya. Jika dokter mangatakan Anda mengalami pica, makan sebaiknya Anda harus melakukan pemeriksaan yang melibatkan serangkaian tes darah.

Baca Juga:  Sudah Coba Minum Air Kelapa di Pagi Hari? Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *