Susu Bisa Sebabkan Jerawat & Masalah Kulit Lainnya? Ketahui Jawabannya di Sini!

Sampulbola – Saat kecil, kita selalu dikasih asupan susu, nih, entah dari air susu ibu, susu formula, dan susu-susu biasa pada umumnya.

Air susu ibu memang harus kita konsumsi untuk pertumbuhan saat kita kecil, susu formula bisa membantu pertumbuhan kita saat masih balita, dan susu biasa untuk asupan protein.

Susu biasa yang kita minum biasanya terbuat dari susu sapi dan ternyata, ini bisa merugikan kulit kita!

Susu sapi yang selama ini kita minum bakalan dijadikan produk susu lainnya, entah itu susu biasa, keju, yogurt, es krim, ataupun mentega. Yang menjadi masalah, zaman sekarang sapi bakalan disuntik dengan hormon pertumbuhan, sehingga produksi susunya semakin banyak.

Ditambah lagi, susu sapi ini didapatkan dari sapi yang beranak. Alhasil, saat susunya diambil, susu tersebut secara alamiah memang mengandung lebih banyak hormon estrogen, progestins, dan androgens yang keseluruhannya bisa membuat hormon dalam tubuh kita enggak stabil dan membuat masalah pada kulit kita!

Kulit kita dijamin bakalan memproduksi banyak minyak yang akhirnya menyumbat pori-pori kulit. Tingkat insulin kita juga bisa makin tinggi karena konsumsi susu dan bisa bikin jerawat muncul.

Fakta lain adalah pencernaan manusia ternyata enggak dibuat untuk bisa mencerna susu dengan baik. Bahkan, 75 persen dari populasi dunia ternyata enggak bisa mencerna produk susu dengan sempurna! Ini yang menyebabkan tubuh kita bisa mengalami inflamasi yang akhirnya bikin masalah pada kuit kita.

Lalu, gimana bagi kita yang suka banget dengan produk susu dan tetap ingin mengonsumsinya?

Kita enggak perlu berhenti untuk mengonsumsi produk susu, asalkan dengan batasan tertentu, nih.

Baca Juga:  Camilan Sehat Teman Nonton Piala Dunia 2018

Jangan konsumsi low fat dairy yang malah bikin kulit dan tubuh kita semakin bermasalah. Karena ternyata dalam penmbuatannya, low fat dairy punya banyak kandungan gula daripada full fat dairy. Di lain sisi, full fat dairy punya kemampuan untuk mencegah dan menurunkan obesitas dan diabetes tipe 2.

Kalau memang suka minum susu, jangan minum susu kelapa atau almond yang ternyata banyak banget kandungan gulanya. Kita bisa minum susu soya atau susu kedelai sebagai penggantinya.

Buat kita pecinta yogurt, selamat! Yogurt ternyata benar-benar bagus untuk kulit dan tubuh kita, karena produk susu yang sudah melewati masa fermentasi jauh lebih gampang dicerna dan bagus untuk kesehatan!

Tapi perlu diingat! Enggak semua orang ternyata bakal merasakan pengaruh buruk dari sering mengonsumsi produk susu. Ada beberapa orang yang memang lebih rentan dengan produk susu dan malah menyebabkan inflamasi serta permasalahan pada kulit, tapi ada juga yang baik-baik aj saat mengonsumsi produk susu, nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *