Tanpa Resah, Ini 5 Cara Mudah Membuat Keputusan dalam Hidupmu

Sampulbola – Bukan hidup namanya jika tidak membuat kita mengambil keputusan di dalamnya. Terhadap apapun yang dipertimbangkan hingga apapun yang dilakukan, semua seolah benar-benar membuat kita harus berani mengambil keputusan. Meski tidak jarang kita pun dibuat bimbang hingga resah atas apa yang akan terjadi setelahnya. Namun sebuah keputusan tetap harus diambil dan dijalani.

Menghindari perasaan cemas, galau dan resah ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengambil sebuah keputusan. Ada kalanya kita tidak membutuhkan waktu lama untuk berpikir.

Ada saatnya kita hanya butuh rasa berani bahkan ‘bodo amat’ untuk menjalaninya. Lalu seperti apa harusnya?

1. Jangan takut mengambil risiko

Biasanya yang membuat resah seseorang dalam memutuskan sesuatu bukan sekedar pilihan yang membingungkan. Tapi karena kota mulai berpikir hasil dari keputusan tersebut. Baik atau buruk sudah pasti akan membuat kita kepikiran. Namun itu hanyalah pikiran yang bahkan belum tentu terjadi nantinya. Kita hanya butuh keberanian mengambil resiko.

Baik atau buruk hanyalah hasil dari keputusan. Namun jika kita hanya fokus kepada hal tersebut, tentu saja kita tidak akan bisa melangkah. Resiko yang diambil adalah cara kita berani mendobrak tembok besar antara ekspektasi dan realita kita saat ini. Fokuslah pada apa yang kita jalani hari ini. Ini akan membuat kita lebih nyaman menjalani hidup.

2. Analisa pro dan kontra keputusanmu

Meski begitu, tetap pikirkan pro dan kontra dari keputusan yang akan kamu ambil. Jangan asal memutuslan, sebab keputusanmu akan berpengaruh terhadap banyak hal di hidupmu. Tetap pikirkan pro dan kontranya. Sebab kamu membutuhkan cara atau pilihan lainnya selain yang kamu putuskan saat itu juga.

Baca Juga:  6 Nilai Kehidupan yang Bisa Dipetik dari KDrama 'Time'

Bagaimanapun kamu menghindar, kamu tetap akan membuat keputusan itu dalam hidupmu. Tidak ada salahnya bertanya dan meminta pendapat orang lain. Hanya untuk membuatmu semakin terbuka bukan bingung dan tidak tahu harus apa.

3. Beberapa keputusan harus berani diambil secara spontan

Pernah gak, kamu merasa galau, bingung bahkan resah, saat apa yang kamu pikirkan seolah tidak sama dengan apa yang kamu rasakan? Keduanya seolah berbanding terbalik dan membuatmu bingung bahkan tidak tahu harus memilih yang mana? Ya, itu wajar terjadi. Terlebih saat kamu ingin yang terbaik dari apa yang akan kamu pilih nanti.

Tapi jangan bingung, ada kalanya sebuah keputusan harus dipilih dengan cara yang spontan. Tanpa berpikir lama, tanpa pertimbangan yang membingungkan dan tanpa pendapat orang lain.

Hanya kamu yang memilih keputusan itu. Lalu bagaimana hasilnya? Baik atau burukkah? Itu urusan nanti. Yang pasti kamu memang harus berani memutuskan sesuatu yang membuatmu bingung.

4. Jangan berpikir berlebihan

Setiap kecemasan didahului oleh pikiran-pikiran berlebihan di masa mendatang. Wajar rasanya kamu berpikir “bagaimana jika nanti begitu, begitu, seperti ini seperti itu….”, “Lalu bagaimana jika nanti ini itu,….” Dan sebagainya.

Yang kita inginkan adalah apa yang kita rencanakan bisa berjalan lancar dan sesuai ekspektasi kita. Baik atau buruknya. Lebih atau kurangnya harus sesuai dengan perhtiungan kita.

Tentu saja untuk menghindari kegagalan dan kerugian di masa mendatang. Tapi berpikir berlebihan terkadang bukan hanya membuat kita makin bingung, tapi makin resah dengan pilihan kita. Akhirnya kita tidak bisa memilih.

5. Jika kamu dilema, ikuti intuisimu

Benar sekali, jika kamu dilema jangan lupa untuk sesekali mencoba mengikuti intuisimu. Memikirkan tanpa melalui penalaran secara mendalam. Dorongan yang secara tiba-tiba tidak selamanya buruk. Kamu hanya perlu mengikutinya jika kamu terlalu bingung dengan pilihan dan mungkin pendapat orang lain.

Baca Juga:  Gak Sulit untuk Memaafkan, 6 Zodiak Ini Berhati Tulus & Berjiwa Besar

Jangan takut jika kamu harus memutuskan sesuatu untuk kamu lakukan. Kamu berhak melakukannya saat kamu benar-benar sudah tidak tahu lagi harus apa. Berdoa menjadi salah satu jalan yang juga tidak boleh kamu lupakan bahkan tinggalkan.

Kamu harus tahu, jika kamu pun berhak untuk mendapatkan pencerahan bukan dari orang lain, tapi dari dirimu dan Tuhanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *